free hit counter code 4 Variasi Gerakan Dasar Berbaring Untuk Anak Usia Sekolah Dasar | Total Edukasi

4 Variasi Gerakan Dasar Berbaring Untuk Anak Usia Sekolah Dasar

gerakan-dasar-berbaring-anak-usia-sekolah
total-edukasi.blogspot.com
Variasi gerakan dasar berbaring pada anak usia sekolah dasar dikelompokkan menjadi 4 macam. Gerakan dasar berbaring pada dasarnya merupakan salah satu dari beberapa pengembangan dari gerakan berjalan dan memegang. Gerakan berjalan dan memegang suatu benda yang telah bisa dilakukan pada masa sebelumnya akan semakin dikuasai pada masa selanjutnya.

Setiap manusia memiliki gerakan-gerakan yang terbatas pada waktu mereka masih sekolah dasar. Seiring dengan pertumbuhan usia dan seringnya latihan, gerakan-gerakan ini semakin sempurna. Hal ini juga dipengaruhi oleh asupan gizi yang ia terima.

Dengan program yang terarah, maka diharapkan anak memiliki suatu tingkat kondisi fisik yang baik, keseimbangan tubuh yang baik, memiliki sikap berbaring yang baik, memiliki tingkat kebugaran jasmani yang baik dan mampu menangkal berbagai macam penyakit. Di samping kemampuan fisik meningkat maka secara mental pun diharapkan lebih baik, seperti meningkatkan rasa percaya diri, keberanian, kebersamaan, dan disiplin diri meskipun pada dasarnya faktor penentu tidak hanya pada kemampuan berbaring yang ia lakukan.

Anak-anak usia sekolah dasar perlu diperkenalkan dengan ragam sikap berbaring. Adapun variasi gerakannya dapat dilakukan sebagai berikut:
  1. Berbaring telentang. Sikap badan dan kedua kaki lurus, kedua tangan di samping badan, muka menghadap ke atas. Diusahakan seluruh tubuh tidak sampai kaku.
  2. Berbaring telungkup. Sikap badan dan kedua kaki lurus, perut, dada, paha, punggung kaki rapat di lantai, kedua tangan di samping badan, kepala dimiringkan ke samping kiri atau kanan. Diusahakan agar seluruh tubuh tidak sampai kaku.
  3. Berbaring miring ke kanan. Sikap badan miring, sisi badan bagian samping kanan dan kanan bagian luar rapat di lantai. Tangan kanan lurus ke depan, tangan kiri rapat di atas sisi badan bagian atas lurus ke belakang dan kaki kiri lurus berada di atas kaki kanan. Kepala berada di atas bahu, tangan kanan miring ke samping kanan, muka menghadap ke kanan.
  4. Berbaring miring ke kiri. Sama seperti berbaring miring ke kanan, hanya sekarang sisi badan sebelah kiri yang merapat ke lantai.
Selain berbaring, terdapat banyak gerakan dasar yang bisa digali dan dikembangkan bagi anak usia sekolah dasar, antara lain: berjalan, berlari, melompat, meloncat, dan melempar.

Jenis gerakan dasar di atas akan saya bahas pada postingan selanjutnya. Silakan terus pantau informasinya di sini. Semoga bermanfaat!
Bagikan Post:

Jangan Lupa Follow Total-Edukasi untuk Mendapatkan Informasi Terbaru!

0 Response to "4 Variasi Gerakan Dasar Berbaring Untuk Anak Usia Sekolah Dasar"

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak dan sopan. Jangan gunakan kata-kata kasar, caci maki, bullying, hate speech, dan hal-hal lain yang dapat membuat orang lain tersinggung.